Drama Because This is My First Life: Dewasa itu Sulit


Saya sudah lama menonton drama yang satu ini, tapi baru saat ini mendapatkan mood untuk menulis review singkat. Dan, sampai sekarang saya masih hapal bagaimana jalan ceritanya, chemistry antarkarakternya, hingga quotes superbagus yang ada di dalamnya.

Secara garis besar, “Because This is My First Life” menggambarkan bagaimana kehidupan seseorang di masa dewasanya. Entah itu tentang pernikahan, masalah percintaan, keinginan mempunyai karir yang bagus, persoalan ego masing-masing, atau konflik uang yang tak berkesudahan.


Dimulai dari permasalahan antara Yoon Ji-ho (Jung So-min) dan Nam Se-hee (Lee Min-ki). Lalu, ada konflik tersendiri dari Woo Su-ji (Esom) dan Ma Sang-goo (Park Byung-eun). Kemudian, Yang Ho-rang (Kim Ga-eun) dan Sim Won-seok (Kim Min-seok) yang juga membawa kisahnya tersendiri.


Bagaimana Cara Menghadapi Masalah untuk Menjadi Dewasa?

Saya kira semua permasalahan dan konflik yang disajikan di “Because This is My First Life” akan bermuara pada satu pertanyaan di atas. Bukan cuma masalah yang dimiliki, tapi juga perspektif, sudut pandang, sampai trik mengatasinya juga patut diberi perhatian lebih.

Seperti permasalahan yang dialami Ji-ho dan Se-hee. Ji-ho mencari rumah dengan harga murah, dan Se-hee juga mencari roommate demi mendapatkan uang tambahan. Maka, secara kebetulan, terjadilah kawin kontrak yang menguntungkan keduanya.

Terkadang, menurut saya Ji-ho adalah kebanyakan orang—termasuk saya sendiri—yang mengutamakan uang dibandingkan cinta.


Dari sisi Su-ji dan Sang-goo, mereka juga punya masalahnya tersendiri. Mulai dari Su-ji yang selalu merasa malu dengan kehidupannya, karirnya yang begitu-begitu saja, hingga seringkali dilecehkan oleh atasannya tanpa bisa melawan. Karena itulah, ia hanya berfokus pada hidupnya dan ibunya saja.

Saya suka dengan karakter Su-ji—seperti menggambarkan karakteristik wanita karir yang kuat di dalam, tapi sebenarnya hati dan hidupnya kesepian.


Terakhir, ada pasangan Ho-rang dan Won-seok. Kehidupan percintaan yang hampir berjalan tujuh tahun lamanya terhalang oleh satu hal—uang. Hal ini disebabkan karena pekerjaan Won-seok yang selalu saja tidak mulus. Ho-rang selalu sabar menunggu, padahal di satu sisi ia terus menerus ditekan oleh ibunya untuk segera menikah.

Bukan cuma itu, Ho-rang juga mewakili perasaan kebanyakan perempuan yang belum menikah di usia 30-an dengan dalih “takut tua”.


Mereka semua, dengan caranya masing-masing, berusaha mengatasi masalah meski rasanya sulit dihadapi.


Overall…

Secara keseluruhan bagi saya “Because This is My First Life” adalah drama yang menggambarkan dengan apik bagaimana kehidupan di masa dewasa. Uang. Karir. Cinta. Ketiganya adalah hal yang penting. Tapi, manakah yang harus diprioritaskan?

Comments

Popular Posts