Lagu B-Side SEVENTEEN Recommended


Boyband SEVENTEEN, siapa ya yang ngga kenal mereka? Debut tanggal 26 Mei 2015 membuat mereka sekarang ini bukan rookie lagi. Buktinya, mereka udah “menelurkan” 2 buah album dan 6 buah mini album! Karya mereka ini, dari biji sampai buah—istilahnya—adalah hasil karya mereka sendiri, makanya ngga salah kalau disebut self-producing idol.

Dari 2 album dan 6 mini abum tadi, ada beberapa lagu yang jadi favorit aku—ngga termasuk title track karena udah pasti jadi favorit hehehe. Lagu-lagu ini aku tulis dari urutan mereka album yang mereka rilis. Check these out!

1. 20
Dimulai dari “20”, yang merupakan lagunya vocal team di 1st mini album mereka (17 Carat). Lagu ini berkisah tentang kehidupan yang akan dihadapi seseorang ketika menginjak umur 20 yang pasti akan berbeda. Di Korea, umur 20 sudah dianggap dewasa. Nadanya yang catchy dan unik, ditambah dengan suara-suara anggota vocal team, membuat lagu ini ngga kalah keren dari “Adore U”.

2. Shining Diamond
“Shining Diamond” itu pernah ditunjukkin sebelum SEVENTEEN debut. Jadi, semacam bukti bahwa mereka sudah bisa produksi karya secara mandiri. Lewat lagu ini, SEVENTEEN berkeinginan membuat kita percaya diri terhadap kemampuan kita dan menjadi bersinar seperti berlian.

3. QnA
Sebenarnya, “QnA” ini bukan masuk ke album SEVENTEEN, tapi merupakan projek kerjasama gitu. Di sini, Cuma ada Woozi, S.Coops, sama Vernon dan ditambah sama Amy Lee. Atau kita kenal sebagai Ailee. Jadilah mereka nyanyiin “QnA” ini. Meskipun ngga masuk album mana pun, lagu ini bagus banget. Nadanya enak didengerin dan MV-nya lucu gitu hehehe. Recommended deh!

4. When I Grow Up
Masih sama kayak sebelumnya, “When I Grow Up” juga milik Vocal Team di 2nd mini album (Boys Be). Ngga tahu kenapa kalo vocal team sudah beraksi, langsung terharu sama lirik ataupun suaranya huhu TT “When I Grow Up” bercerita tentang seseorang yang berharap ketika ia beranjak dewasa, orang yang ia sukai tidak ikut berubah alias tetap menjadi orang yang dikenalnya. Ah, ngena banget maknanya.

5. Fronting
Digawangi oleh hiphop team ditambah Hoshi dan Woozi, “Fronting” menjadi lagu yang moodbooster parah. Apalagi pas Woozi nyanyi “Baby, it’s alright. I call you mine.” Ya Tuhan Woozi ngegombal di sini xixixi. Lagu “Fronting” menceritakan tentang perasaan seseorang yang sedang jatuh cinta lewat penggambaran latar yang kuat.

6. Chocolate
Nah ini juga merupakan kerjasama SEVENTEEN khususnya vocal team sama Yoon Jongshin. Lewat mereka, “Chocolate” ini lahir hahaha. Sumpah ini enak banget lagunya TT Pas pertama kali denger, lagu ini aku replay terus. Intinya adalah tentang lima anak SMA gitu yang suka sama satu perempuan dan ungkapin perasaannya lewat cokelat. Sayangnya, perempuan ini menyukai laki-laki lain. Huhu sedih. Tapi, lagunya bikin nagih hehe.

7. Chuck
Kalau mau dengar lagu SEVENTEEN yang rock banget, “Chuck” jawabannya. Dijamin, ketika dengar kita mau ikut joget aja rasanya. Menjadi list di 1st album (Love & Letter), “Chuck” mengajarkan kita tentang arti menghargai diri sendiri melalui thumbs up! Ditambah lagi, lagu ini didukung performance berlatar api-api yang mantap sekali~

8. Still Lonely
Masih tetap ada di 1st album (Love & Letter), kali ini “Still Lonely” dinyanyikan oleh tim campur aduk xixixi. Ada Vernon dan Wonwoo dari hiphop; Jun, Dino, dan Hoshi dari performance, serta DK dan Woozi dari vocal. Intronya itu keren, ada suara Vernon yang serak-serak basah “They’re like ocean waves”. Yuhuuu, bisa dipastiin ini lagi keren abis. Sama kayak artinya, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang terus-menerus menyendiri alias jomlo.

9. Simple
Nah, “Simple” ini khusus dipersembahkan Woozi buat Carats. Asyik asyik. Lagu solo yang masuk ke list 1st album repackage (Love & Letter Repackage) ini sebelum resmi rilis, pernah dibawain Woozi di konser Boys Be (correct me if I am wrong lupa soalnya hehe). Lewat “Simple”, Woozi ingin menyampaikan bahwa hiduplah dengan sederhana karena bisa mendatangkan kebahagiaan.

10. Healing
Don’t stop this feeling. So dive in dive in dive in yuhu~
Lagu “Healing” pas banget didengerin pas kita lagi ada di pantai sambil berjemur. Nadanya yang menenangkan bisa membuat mood kita rileks. Lagu ini menceritakan tentang hidup yang ngga perlu terlalu serius, terkadang harus istirahat sejenak. Ditambah lagi, MV-nya bagus banget ahhh. Recommended parah!

11. Check In
“Check In” ini ngga masuk ke album SEVENTEEN, tapi dirilis sebagai mixtape. Lagu ini adalah milik hiphop team. Serius, ini mixtape-nya mantap sekali kayak toxic gitu. Lewat lagu ini, mereka mengungkapkan perasaan mengunjungi banyak negara ketika tur dunia tahun 2016 lalu. Oiya mereka juga nyebut kata “Jakarta” lho!



Dari 11 lagu di atas, mana nih yang jadi favorit kalian?
Sekalian dulu ya dari aku. Besok-besok aku bakal post yang part 2 karena SEVENTEEN masih punya banyak lagu yang bagus banget selain title track.

Comments

Popular Posts